Category

Saturday 14 March 2015

LEARN TO CREATE STOP MOTION VIDEO

Hai guys, Kali ini saya akan membahas sedikit gambaran tentang video Stop Motion. ya anggap saja untuk bahan tambahan ilmu pengetahuan buat kalian dan begitu juga dengan saya.

Stop Motion sendiri ini adalah salah satu teknik dasar dalam animasi. Di mana objek/benda digerakkan secara manual dan dipindahkan secara perlahan. Kemudian, setiap digerakkan secara perlahan, objek/benda tersebut harus diambil gambarnya (difoto) dan disusun secara berurutan. Nah, biar keliatan bergerak layaknya animasi, gambar-foto yang diambil digabungin semua jadi satu, terus diatur kecepatannya. 

Kecepatannya juga macam-macam. Contohnya, untuk durasi film 1,5 menit (90 detik) pada kecepatan 25 fps (frame per second), jumlah foto yang harus diambil adalah 2.250. Tiap 1 detik = 25 foto. Setelah semuanya dirangkai jadi sebuah video, biar menarik, tinggal ditambah musik, dan jadilah yang di namakan  Stop Motion. 

Stop Motion = Gerak dikit - foto - gerak dikit - foto - gerak dikit - foto - dst.

Kalian Pansti sudah tak asing mendengar Film "Shaun The Sheep"! Nah, itu adalah salah satu bentuk animasi Stop Motion. Filmnya dikerjakan dengan sangat teliti dan sangat detail. Domba, perkebunan, mobil, dan objek-objeknya disusun hingga sedemikian rupa. Gerakan seperti berjalan, berlari, melompat juga disusun sampe keliatan halus banget. dan sekrang sudah banyak para kreator menggunakan metode Stop Motion sebagai media promo dan iklan perusahaan-perusahaan ternama.

Dan berikut adalah hasil percobaan saya dan kawan-kawan dalam membuat video Stop Motion dengan Versi kami sendiri. Thanks you guys, semoga bermanfaat buat kalian.


 

No comments:

Post a Comment